oleh

Warga Malang Terpapar Omicron Usai Dari Trenggalek, Ini Kata Wagub Emil

SURABAYA – Usai melakukan perjalanan dari Trenggalek, warga RT 2/RW 10 Desa Banjararum, Kecamatan Singhasari, Kabupaten Malang dilaporkan terpapar Covid-19 varian Omicron.

Mendengar kabar tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak bergegas melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab Trenggalek untuk menelisik kasus tersebut.

“Saat mendengar kabar tersebut, kita harus pastikan tracing menyasar daerah yang pernah didatangi juga,” ujar Emil.

Emil mengaku sudah menghubungi Bupati Trenggalek untuk memastikan informasi tersebut.

“Awalnya pasien agak keberatan untuk menginformasikan kontak erat selama di Trenggalek, namun akhirnya bersedia. Saat ini sudah ditindaklanjuti Pemkab Trenggalek,” kata Emil, Minggu (16/1/2022).

Dari hasil koordinasi yang dilakukan, Emil menuturkan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Trenggalek telah melakukan tracing guna mengidentifikasi riwayat aktivitas pasien dan kontak erat yang dilakukan.

“Tadi sudah sambung dengan Pak Bupati Trenggalek, dilaporkan bahwa baik tiga pilar, ketua RT dan petugas kesehatan sudah melaksanakan tracing dan rencananya testing dan treatment akan dilaksanakan besok kepada seluruh kontak erat,” tutur Emil.

Terkait perkembangan di Kabupaten Malang, dirinya juga mengatakan bahwa Gubernur Jatim juga telah berkoordinasi dengan Bupati Malang terkait terkonfirmasi positifnya salah satu warga Kabupaten Malang tersebut.

“Sore tadi, Ibu Gubernur telah melakukan pertemuan dengan Bupati, Dandim, Kapolres, hingga Muspika Singosari atas ditemukannya warga yang terpapar Covid-19 varian Omicron, dan yang dilakukan adalah bukan lockdown, melainkan PPKM Mikro skala RT, tepatnya di RT yang bersangkutan,” ucapnya.

“Warga yang terkonfirmasi positif telah melakukan isolasi di safe house Kepanjen serta yang melakukan kontak erat, tim Satgas Covid-19 Kabupaten Malang telah melakukan testing dan tracing,” pungkasnya

Komentar